Friday, January 18, 2013



1.      Kita harus lebuh banyak menyukai kegiatan atau hobi di alam terbuka. 
Misalnya: berenang, memancing, bersepeda, berjalan-jalan, lari-lari, berkemah, atau hiking. Kegiatan ini dapat mencerdaskan otak kanan.

2.    Melatih diri unutuk berpikir divergen atau menyebar, loncat-loncat, bukan linier. 
Berpikir yang aneh-aneh, dan suka humor. Sehingga, kita akan lebih mudah menemukan ide-ide kreatif. 

3.      Mengaktifkan kemampuan bawah sadar kita. 
Latihan sederhana, misalnya bias kita lakukan yaitu: di saat kita menerima pelajaran, mata dalam kedaan terpejam, atau mendengarkan radio sambil memejamkan mata tetapi tidak tidur. 

4.      Bisa lewat pendekatan religious. 
Misalnya: yang saya alami sendiri, yaitu melakukan dzikir dalam hati. Dzikir dalam hati dapat melakukan kapan saja dan di mana saja yang kita mau. Dzikir itu akan membuat suatu itu terjadi. Sementara intuisi yang tajam akan menunjukkan suatu itu terjadi. Cara lain yaitu dengan melakukan sholat malam, atau sholat tahajud, dan sholat minta petunjuk atau istikharah. Selain itu dengan kita sering berpuasa sunah ataupun wajib juga dapat mencerdaskan otak kanan. 

Berdasarkan pengalaman di dalam pelatihan wirausahaan, saya berkali-kali mencoba melakukan test indicator minat otak pada peserta pelatihan. Ternyata mereka umumnya lebih dominan otak kiri. Itu karena, selama mereka menuntut imu sejak masuk SD sampai perguruan tinggi yang dicerdaskan hanya otak kiri. 

Dalam konteks ini, jika kita mau mencedaskan otak kanan, maka otak kiri otomatis akan semakin cerdas. Sebaliknya jika otak kiri yang dicedaskan, otak kanan tidak otomatis tambah cerdas. Sebab, otak kanan berkaitan dengan munculnya gagasan-gagasan baru, gairah dan emosi. Sementara otak kiri sangatlah berkaitan dengan hal-hal yang logis, linier, dan rasional. Namun, itu bukan berate peran otak kiri diabaikan begitu saja. Otak kiri, saya kira juga tetap penting. Memang ada saatnya seorang enterpeneur harus bias saja menyeimbangkan pemanfaatan otak kanan dan otak kirinya juga. 

Oleh karena itu, sebagai enterpeneur , maka kita harus terus berusaha mencerdaskan otak kanan. Dengan kita memiliki otak kanan yang cedas, selain bermanfaat mempertajam intuisi kita , juga akan meningkatkan daya kreativitas kita. Kita akan lebih percaya diri, dan optimis dapat memenangkan persaingan di dunia bisnis. Kita akan merasakan lebih nyaman dengan hal-hal yang kita lakukan, dan tak mustahil laju keberhasilan bisnis kita bakal meningkat.




Sumber: 
http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/websites/2338856-www-detik-com/